Berlibur pada masa-masa high season memang kita harus siap dengan kenyamanan yang agak terganggu mengingat banyak wisatawan yang memadati berbagai obyek wisata. Bila Anda menginginkan liburan yang tenang untuk melepas kepenatan akibat rutinitas harian yang penuh dengan stres, obyek wisata Pulau Tidung Kecil dapat menjadi alternati yang ideal.

Selain lokasinya tak terlalu jauh dari ibukota sehingga Anda bisa berlibur dengan hemat, kawasan Tidung Besar dan Kecil bagian dari Kepulauan Seribu ini juga menawarkan pemandangan alam pantai yang menakjubkan tak kalah dengan destinasi wisata pantai lainnya yang populer di Indonesia. Tertarik? Berikut ulasannya untuk Anda.

Mengapa harus ke Pulau Tidung Kecil?

Berbeda dengan kawasan Pulau Tidung Besar yang berpenghuni, Tidung kecil memang diperuntukkan bagi konservasi pelestarian lingkungan terutama laut. Di sini tanaman bakau dikembangbiakkan sebagai rumah untuk hewan-hewan laut serta pelindung pantai dari gempuran gelombang. Kawasan Tidung Kecil juga seringkali menjadi lokasi riset para akademisi.

Berlibur di Tidung Kecil Anda akan disuguhi pemandangan alam yang masih sangat natural yang mungkin sudah langka di daerah perkotaan. Tetapi ingatlah bahwa Anda memasuki daerah konservasi lingkungan sehingga sangat dilarang berbuat kegaduhan, mengotori pulau, serta merusak alam. Bila ingin bermalam di Pulau Tidung Kecil Anda harus membawa tenda karena tak tersedia hotel atau resort.

Perairan di pulau ini juga tergolong ramah dengan ombak yang kecil dan kedalaman yang hanya mencapai paha orang dewasa hingga sejauh 200 meter. Jadi cukup aman untuk anak-anak juga. Selama cuaca cerah, Anda dapat menikmati berkejaran dengan ombak hingga sedikit menjauh dari bibir pantai. Pulau konservasi ini juga mempunyai ketersediaan air bersih yang memadai dengan fasilitas toilet dan kamar mandi.

Obyek wisata ini dapat menjadi tujuan liburan bernuansa edukasi dengan melihat dari dekat upaya pelestarian alam oleh pengelola. Selain itu terdapat makam tua di sini, yang konon adalah peristirahatan terakhir orang pertama yang merintis kawasan Pulau Tidung ini sebagai hunian. Walaupun hanya berupa makam, tetapi lokasi tersebut tak pernah terlewatkan dari daftar rute kunjungan penyedia jasa tour and travel.

Selamat berlibur!

Obyek Wisata Pulau Tidung Kecil di Kepulauan Seribu
Tagged on: